Mengenal Stasiun Beos (Stasiun Jakarta Kota)

Saat ini sangat banyak pastinya penduduk di Jakarta yang kegiatan atau aktivitas sehari-harinya menggunakan moda transportasi kereta api untuk bepergian ke beberapa tujuan di dalam atau luar kota baik untuk ke tempat belajar, tempat kerja, berkunjun ke sanak famili maupun untuk berwisata.

Sebagai wujud memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku penyedia jasa perkretaapian terus berupaya untuk memperbaiki fasilitas dan armada terbaik guna meningkatkan suatu pelayanan prima yang diinginkan masyarakat.

Bicara soal perkretaapian di Indonesia khususnya di Jakarta, sudahkah anda mengenal salah satu stasiun tertua peninggalan Hindia Belanda yang terkenal di Jakarta yang setiap harinya digunakan sebagai tempat perpindahan dan tempat menunggu penumpang kereta api?

DSC_0269 (2)

 

Stasiun Jakarta Kota, salah satu stasiun yang terkenal dan merupakan salah satu stasiun tersibuk di Jakarta ini dahulu di era tahun 1980 masyarakat sekitar menyebut stasiun tersebut dengan sebutan Stasiun Beos. Sebutan Stasiun Beos merupakan kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschapij  yang memiliki arti Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur. Stasiun ini beralamat di Jl. Lada, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Stasiun ini dibangun sekitar tahun 1870 dan pernah beroperasi selama 56 tahun namun sempat di tutup pada tahun 1926.

DSC_0185 (2)

Stasiun ini awalnya dirancang oleh arsitek berasal dari Tulung Agung Jawa Timur bernama Frans Johan Louwrens Ghijsels yang memberikan perpaduan antara struktur dan teknik modern barat dipadu dengan bentuk-bentuk tradisional setempat. Stasiun ini melayani rute jabodetabek dan stasiun keberangkatan ke beberapa provinsi di Jawa.

Dengan adanya peningkatan pelayanan penyediaan sarana dan prasarana bagi penumpang baik saat di stasiun maupun di dalam kereta, menjadikan kereta api menjadi salah satu alternatif moda transportasi dengan biaya  yang relatif terjangkau. Besar harapan agar pengguna jasa transportasi ini untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak merusak sarana yang telah disediakan.

Advertisements